Minggu, 28 Februari 2010

Prosesi Tugas Keramik Serangga, Telur dan Boneka

Salah satu dosenku pernah berkata, "Yang penting proses, bukan hasil", maka sebisa mungkin aku menikmati proses, meskipun hasil sama pentingnya.

Dulu ketika suatu mata kuliah praktik, kami diberi tugas untuk membuat keramik dengan bentuk serangga (relief), telur hias (3 dimensi) dan boneka (3 dimensi). Semuanya dengan teknik cetak. Huah, bingung... Aku nggak percaya diri, soalnya aku nggak telaten buat bikin yang begituan. Hikz... Jadinya waktu bikin modelnya aku ogah-ogahan. Apalagi yang boneka. Fuh... Kecil-kecil, rumit...

Bentuk serangga nyontek dari gambar di komik. Bener-bener mumet. Apalagi yang kucontek adalah kupu-kupu yang tampak 3/4, belum lagi sayapnya yang jleret-jleret. Fuh... Udah gitu harus halus biar cetakannya juga halus. Tapi... Biarpun model udah dibuat halus, tetep aja ada yang penyok di sana sini. Harus dibutsir lagi. Hikz...
Cetakan telur hias dibuat dari telur asin yang digips. Waktu separuh bagiannya udah jadi, aku males bikin separuhnya lagi. Hahaha...
Abis telurnya jadi, aku mati ide. Telurnya mau dikasih motif apa ya? Akhirnya dikasih motif asal jadi. Mlungker-mlungker nggak jelas gitu deeehhh...
Aku yang minder begitu liat hasil karya temenku, berniat bikin ulang, mumpung masih ada waktu. Padahal telur yang ornamennya nggak jelas itu udah dibakar, tinggal nilai doank. Jadilah waktu minggu tenang aku jadi kroncalan (banyak gerak/nggak tenang) bikin tugas dengan dibantu ibu (I lophe yu Mom... Muach ^.^) ngamplas (mengampelas/menghaluskan pake ampelas). Maklum, ibu nggak tega liat aku yang katanya libur minggu tenang kok malah melekan bikin tugas.
Niat balas dendam gara-gara sedih liat motif sebelumnya, aku bikin ornamen yang dikerok dari jarum. Busyet...!!! Tapi aku lumayan menikmati lho... Asyik sich...
Trus yang boneka dibuat asal jadi. Khekhekhe... Lumayanlah, modelnya dapet 75. Hihihi ^_^
Lalu biar bonekanya nggak terkesan mengenaskan gara-gara bentuknya yang nggak karuan, aku bikin sehalus mungkin (meskipun kalo dijajarkan sama buatan temenku masih kalah halus). Selain itu katanya, dosenku itu lebih suka yang sederhana tapi halus daripada yang neko-neko tapi semrawut. Ornamen pakaiannya cuma mlungker-mlungker lagi. Hehehe ..^_^..

Alhasil, perolehan nilai serangga lumayanlah... Meski dikritik gara-gara bentuknya yang miring, trus katanya yang liat ntar jadi bingung. "Hikz, kan buatanku unik Pak...," batinku. Ada satu hal yang bikin aku rada-rada nyesel, yaitu kenapa aku nggak bersihin sisa bedak yang nempel??? Soalnya ternyata tuh bedak nggak bakal hilang setelah dibakar meski udah diampelas. Huhuhu T_T
Untungnya hasil karyaku yang boneka lebih baik nilainya daripada yang model. Hure! HURE!!!
Lalu... Telur hiasnya katanya dapet komentar, "Kok yo sempat ngukir koyo ngene (Kok ya sempat ngukir kayak begini)" dari dosenku, trus dari 10 telur diambil satu buat kampuz. HOREEE!!! \(^o^)/

Begitulah, proses yang tak terlupakan. Maklum, bikin tugas-tugas itu harus sampe melekan, meski sebenarnya tugasnya udah lama. Kebiasaan jadi snow ball sich... Apalagi kalau hasilnya menuaikan kesuksesan...



Saatnya balas dendam gara-gara semester sebelumnya dapet nilai jelek...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar