Rabu, 17 Februari 2010

Mau Tapi Ogah

Hari ini aku nerima email dari temenku (lebih dari saudara...~ah, jadi kayak lagu dangdut~). Dari situ timbul suatu perasaan kagum plus iri ^_^; bahwa dia bener-bener mengembangkan obsesi dan potensinya.

Ngomong-ngomong soal obsesi, siapa sich yang nggak punya suatu keinginan yang seakan-akan meledak-ledak dari dalam diri kita?
Aku juga punya obsesi pengen jadi guru yang down to earth (cie...); pengen jadi komikus, minimal jadi ilustrator; pengen ikut acara-acara ekstrim, kayak bungee jumping; pengen jadi penulis; pengen belajar bela diri, karate, aikido, kempo, kendo; pengen bisa maen alat musik; pengen belajar bahasa asing (minimal bahasa Inggris); pengen menjelajah seluruh penjuru dunia; pengen beli semua jenis buku sebagai investasi masa depan; pengen bisa nari tradisional, balet sampe break dance; serta masih banyak lagi obsesi terpendam yang bila diketikkan bakal ngabisin karakter huruf.

Menjawab berbagai obsesi tersebut, tentunya aku bertanya-tanya seberapa jauh aku mampu untuk mewujudkannya?
Jawabannya malah bikin aku miris.
Analisis dari jawaban tersebut mungkin karena aku takut. Benar, ketakutan adalah musuh terbesarku.
Aku takut kalo jadi guru ntar nggak becus ngajarin muridnya. Kalo salah ngasih materi dampaknya bakal permanen. Namun yang bikin aku minder adalah aku ngerasa kalo modal secara teori-ku kurang, trus kalo ada adegan praktik, kayaknya aku malah jadi grogi. Hufff...
Aku rasanya nggak bisa memenuhi deadline. Terbukti dari pengumpulan tugas-tugasku yang hampir semuanya melampaui waktu batas akhir.
Ikutan acara-acara ekstrim??? Ibu-ku mungkin bakal jerit-jerit dech...
Kalo jadi penulis, tata bahasaku masih grotal gratul, belum lanyah (lancar, bagus).
Belajar bela diri sich keliatannya seru, tapi takutnya aku nggak bakal hafal jurus-jurusnya ^_^;.
Mau maen alat musik tapi aku buta nada. Ntar kasihan pendengarnya. Hehehe...
Ikut kursus bahasa asing kalo nggak ada temennya nggak seru.
Pengennya sich bisa menjelajah seluruh pelosok dunia, tapi dananya nggak ada.
Kalo beli semua jenis buku, aku baru beli komik doank. Hihihi...
Pas liat orang lagi nari-nari diiringi alat musik rasanya jadi pengen ikut gerak. Tapi gimana kalo ntar aku keseleo???

Tuh kan??? Aku itu orangnya koq pesimis banget ya???

Selain penakut, aku juga pemalas.
Aku males merendam baju waktu nyuci, ntar malah keterusan males nyucinya; aku males pulang kampung siang-siang, panas; aku males kalo nyuci sepatu; aku males nulis catetan kuliah; aku males belajar buat ujian; dan berbagai macam kemalasan laen yang menjadi bagian dari gaya hidupku. Hehehe...

Aku lebih suka berpikir ringan seeh...
Pernah ada yang tanya kepadaku, "Masalahmu opo (Masalahmu apa)?", sebagai objek analisis tugasnya.
"Hmmm... Opo yo? Paling-paling masalah gak nduwe duit (Hmmm... Apa ya? Paling-paling masalah nggak punya uang)," jawabku.
"Ah, kowe ki jane nduwe masalah, tapi gak muk rasakno (Ah, kamu sebenarnya punya masalah, tapi nggak kamu rasakan)," sahutnya.
Benarkah???

Dari pemikiranku yang ringan tersebut, aku nggak mau mikir yang susah-susah, maka membentuk karakterku yang nyante. Belum ngerjain tugas, nyante; belum pesen KRS, nyante; nilai ada yang CD, nyante; lom dapet judul skripsi, nyante.
Aduh aduh aduh... Kalo begini terus, gimana hidupku ke depannya ya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar